Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Morowali Utara, Bupati Morowali Utara, Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS secara resmi membuka Pusat Pelayanan Publik Kabupaten Morowali Utara pada hari Senin, 23 Oktober 2023 bertepatan dengan peringatan HUT Kabupaten Morowali Utara yang ke 10. Acara peresmian ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Kacabjari Kolonodale yang diwakili oleh Sofyan, S.H, Kapolsek Petasia Ipda Paisal, S.H, Kepala BPJS Kesehatan Morowali Utara, Zadly, S.H., Pimpinan PT. Bank Sulteng Cabang Kolonodale, Kepala DPMPTSP Armansyah A.P, S.Sos.,M.Si, para pejabat dilingkungan DPMPTSP Kab. Morowali Utara, serta sejumlah pejabat esselon II dan para Camat se-Kabupaten Morowali Utara.

Melalui Pusat Pelayanan Publik ini, masyarakat Kabupaten Morowali Utara akan mendapatkan akses kepada 13 jenis pelayanan yang meliputi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan, Pelayanan Administrasi Kependudukan, Pelayanan BPJS Kesehatan, Pelayanan SAMSAT, Pelayanan Ketenagakerjaan, Pelayanan Kepolisian, Pelayanan Pertanahan, Pelayanan Pajak (Retribusi Daerah), Pelayanan Kesehatan Daerah, Pelayanan PBG/SLF dan PKKPR, Pelayanan Lingkungan Hidup, Pelayanan Perbankan, hingga Pelayanan Pendidikan.

Gunting pita oleh Bupati Delis

Bupati Morowali Utara menyambut baik pembukaan Pusat Pelayanan Publik ini sebagai langkah konkret pemerintah dalam memberikan pelayanan yang lebih efisien dan berkualitas kepada masyarakat. “Pusat Pelayanan Publik ini memiliki tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus segala keperluan administrasi, masyarakat tidak perlu repot lagi ke berbagai kantor yang berbeda karena sudah terpusat pada satu kantor” ujar Bupati Delis.

Pusat Pelayanan Publik ini diharapkan dapat menjadi pusat koordinasi berbagai layanan publik yang ada di Kabupaten Morowali Utara, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengelilingi berbagai kantor untuk mendapatkan pelayanan yang mereka perlukan. Keberadaan Pusat Pelayanan Publik ini diharapkan juga dapat meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap layanan pemerintah daerah. Lebih lanjut Bupati menyampaikan “Walaupun Kantor Pusat Pelayanan Publik berada di area yang terbatas, saya berharap itu tidak menjadi alasan untuk pelayanan kepada masyarakat, saya berharap seluruh kerja keras kita bisa memberikan hasil dan pelayanan yang luas untuk seluruh masyarakat.” Pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Delis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan Pusat Pelayanan Publik ini. Bupati berharap bahwa pelayanan yang diselenggarakan melalui Pusat Pelayanan Publik ini dapat segera ditingkatkan menjadi Mal Pelayanan Publik yang rencananya akan selesai dibangun pada April 2024 mendatang.

Acara peresmian Pusat Pelayanan Publik Kabupaten Morowali Utara ditandai dengan Pengguntingan Pita oleh Bupati Morowali Utara dan Penandatanganan MoU secara simbolis antara Kepala DPMPTSP Morowali Utara bersama dengan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Kepala Kantor BPJS Kesehatan wilayah Kabupaten Morowali Utara.

Kepala BPJS Kesehatan Morowali Utara, Zadly, S.H, menyatakan apresiasinya terhadap langkah proaktif pemerintah daerah dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan. “Dengan adanya layanan BPJS Kesehatan di Pusat Pelayanan Publik ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mengakses fasilitas kesehatan yang mereka perlukan,” ujarnya.

Pusat Pelayanan Publik Kabupaten Morowali Utara berlokasi di Lokasi RSUD Lama Jl. Wolter Monginsidi No. 2 Kolonodale, dan akan beroperasi setiap hari kerja mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WITA. Semua masyarakat Kabupaten Morowali Utara dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan di Pusat Pelayanan Publik ini demi kemudahan dan kenyamanan dalam mendapatkan pelayanan publik yang dibutuhkan.(Gr)